Label

Minggu, 01 Maret 2015

Kegel, Senamnya Wanita & Pria Tangguh

Hallloooo~!

Bingung sama judulnya? Atau malah tertarik?



Ezu mau sedikit cerita sebelum mulai penjelasan ya..
Beberapa pekan lalu Ezu berkunjung  ke tempat teman yang baru melahirkan. Sebut saja namanya Bunga (halaaah..). Si Bunga ini bertutur tentang proses dia melahirkan anak pertamanya ini. Dan Ezu pun menyimak dengan semangat. Hihi.. Soalnya Ezu kan belum pernah ngalamin, jadi kan buat bahan belajar ya... Bener?

Nah, cerita Bunga yang paling membuat Ezu bergidik horror itu bukan soal rasa sakit. Guess what?
She told me, "Waktu gue lahiran Gue nggak bisa nahan po*p gue! Tapi Gue udah nggak mikir lagi malu. Yang penting anak Gue lahir selamat. Dan kata Bidan juga hal seperti itu wajar terjadi."
Ezu langsung bergidik. Mengerikaaaan.. TT___TT 

Dear God.. I don't want that happen to me! Lahiran bayi yang nongol ya yang kaitannya sama bayi aja. Baby poo nggak usah ikut-ikutan gitu loh. Hix..

Berbekal dari rasa horror itu, Ezu mulai cari artikel yang menjelaskan tentang fenomena tersebut. Ternyata kasus seperti Bunga itu disebabkan oleh lemahnya otot dasar panggul. Hal ini membuat kita sulit untuk mengontrol beberapa bagian organ disaat melahirkan. Contohnya yang kasus po*p tadi, terus bisa juga air kencingnya rembes, bisa juga ngompol.

Kamu mau kaya gitu? Ezu sih nggak.. :D

Lemahnya otot panggul ini bukan hanya berdampak negatif bagi para wanita cantik yang ada di bumi ini, namun juga para pria. Loh? Kok? Bisa dooong.. Efeknya konon para pria ini jadi susah ngontrol keluarnya si cairan dari si Mr P-nya.. Ituloh.. Yang biasanya disebut ejakulasi dini. Hihi.. Honestly, Ezu agak malu ngetik beginian. Belum pernah ngalamin pula. But ok lah ya, atas nama pengetahuan! ;D

Tadi kan sudah dibahas tentang dampak negatif dari lemahnya otot dasar panggul alias pelvic floor muscle aka pubococcygeus muscles.. Sekarang Ezu kasih kabar gembira! Kita bisa latihan agar memperkuat si otot panggul. Caranya? Senam kegel. Pernah dengar atau baca? Ezu dari zaman SMP sering mendengar tentang senam kegel ini, tapi belum terlalu paham. Yang Ezu tahu hanya katanya gerakannya seperti menahan pipis. Dan fungsinya supaya otot daerah Miss V kencang.



Biar teman-teman paham dan bisa praktekan dengan cara yang sesuai, Ezu bakal jelasin step-stepnya ya..
1. Coba kenali otot dasar panggulmu bilamana perlu. Caranya untuk perempuan bisa dengan memasukan seruas jari ke dalam Miss V. Terasa seperti dijepit? Nah, yang ngejepit itu si otot dasar yang dari tadi diomongin. :D Tapi Ezu sih skip ini. Horror. Kalau yang sudah menikah mungkin boleh.. Fungsinya untuk memastikan saja,
Untuk pria, coba pas pipis tahan, atau pas kentut. Kalau bisa naha, tandanya si otot lagi kerja.

2. Pipis dulu.. setelah setengah air kencing dikeluarkan coba tahan sebentar.. (ingat-ingat gerakan ini! Lakukan sekali saja.) keluarkan lagi sampai habis agar kandung kemihnya kosong. Kalau masih isi konon akan membuat air kencingnya malah diserap kembali tubuh saat praktek kegel, bikin infeksi. Dan itu nggak bagus ya..

2. Relax! Cari posisi yang enak. Mau berdiri, duduk, tidur. Boleh.

3. Ulang gerakan nahan pipis tadi. Biarkan daerah antara Miss V / Mr P dengan anus berkontraksi dan terasa menegang. Coba sampai terasa nyaman.

4. Sudah nyaman? Tahan 3 detik, lepas.. lakukan 5 kali, terus rilex sebentar.. Lanjutkan tahan 5 detik 5 kali, sampai tahan 10 detik.. 10 kali ya.. Jangan lupa untuk fokus, jangan sampai bagian lain ikut tegang.. dan tetap bernafas normal.

*untuk perempuan sih pas latihan seperti ini ngga akan terlihat seperti sedang latihan kegel, jadi bisa dilakukan dimana saja, kapanpun. Asal nggak ketahuan. Hihi..
Tapi buat para lelaki, konon sih pas dikontraksiin tuh testisnya jadi naik gitu.. >///< ah! Malu nulisnya nih.. 


Dari keterangan diatas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa senam kegel bermanfaat untuk:

1. Mengencangkan otot dasar panggul.
2. Memperkuat keperkasaan pria (ceileh!)
3. Membuat Miss V tetap cantik, segar, dan percaya diri walaupun sudah melahirkan banyak anak dan sudah berusia lanjut (nggak gelemberan gitu deh.. tetap rapet kata orang mah..)
4. Buat ngontrol pas lahiran biar nggak keceplosan po*p and pee..
5. Membuat hubungan pasutri tambah asoy.. >///<
6. Melatih perempuan agar bisa orgasme (konon..).
7. Pada masa kehamilan tua mencegah air kencingnya rembes..
8. Mencegah turun kandungan (prolaps uterus).
9. Ada yang mau nambahin?


For you girls, selain latihan senam kegel ini.. Ezu sangat menyarankan untuk latihan yoga. Karena banyak gerakan yoga yang akan bikin tubuh kamu tetap dalam bentuk ideal, kencang, bahkan setelah melahirkan. Ezu rasa kalau elastisitas ototnya tinggi, nggak perlu tuh perlu pake-pake stagen yang notabene membuat sesak. Kaya kisah Ibu Sadie Nicholas disini.. Si Ibu tetap langsing namun sehat selama masa kehamilan. Dan sesudah lahiran pun dalam 24 jam si badan udah balik normal. Keren kan?



Ezu pengen bahas tentang yoga di lain kesempatan.. Walaupun sekarang udah nggak aktif banget yoga (paling latihan sendiri), tapi berbagi ilmu itu harus kan..? Hehe..
Sekian dulu ya..

Untuk bahasan ini, Ezu buat berdasarkan sumber ini dan ini.

1 komentar: