Label

Selasa, 10 Maret 2015

Softlens vs Kacamata

Teman-teman..
Pernahkah kamu, para kacamata user terbesit untuk menggunakan softlens?
Kalau iya, mungkin apa yang Ezu baru saja alami bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan. :D


This is me wearing eyeglass.
I looked like an emak-emak. TT__TT


Ezu punya mata kanan yang -1, kiri -0,75. Sebetulnya belum terlalu berat ya.. Ezu masih bisa lihat tanpa kacamata walaupun sudah terasa blur-blur untuk pandangan jauh. Nah, Ezu itu suka nggak enak kalau pakai kacamata. Why? Karena hidung Ezu mini (read: pesek).. Jadi kalau pakai kacamata itu rasanya selalu nggak nyaman, bikin pegel daerah bridge hidung.. Dan yang nyebelin suka merosot jadi kaya kacamata nenek-nenek. Hihi..

Nah, dengan modal nekad, Ezu sambangi sebuah optic store punya ortu teman. Numpang cek ulang mata sama tanya-tanya tentang softlens yang tersedia.
Hasil dari pemeriksaan menunjukan bahwa mata Ezu masih sama ukurannya dengan pengukuran sebelumnya. Jeda pemeriksaan yang ini dengan sebelumnya adalah sekitar 5 bulan. Lalu Ezupun langsung bertanya tentang softlensnya. Namun sayang, softlens yang tersedia disana hanya untuk plano, alias mata normal. Range harganya berkisar pada Rp 100,000- Rp 120,000-an. Karena harus pre order, keinginan beli softlens saat itu harus ditunda dulu.
  
 Softlens X2 Bio Brown Byonce dari exoticon.


Next, begitu Ezu pulang langsung survey harga softlens di toko online beserta review dari para suhu. Ezu coba cari softlens yang terlihat natural, tapi nggak mau yang bening banget. Hehe.. Akhirnya pilihan jatuh pada exoticon X2 seri Bio. Ezu pilih yang Brown Byonce. Cukup murah, harganya sekitar Rp 70,000- Rp 90,000. Harga ini jauh dari harga di optic. Sebab di optic yang Ezu kunjungi, harga X2 Bella saja Rp 120,000 padahal beli online bisa dapet Rp 60,000an.

Selang sehari, pesanan Ezu sampai. Softlens, rewetting drop untuk mata merk a+ dari exoticon, solutionnya juga a+ dari exoticon daaan travel kit mendarat ke tangan Ezu.



Begitu sampai langsung Ezu buka dengan semangat! Ezu kan awam tentang softlens nih.. Karena takut kenapa-kenapa, softlensnya Ezu rendam dulu di cairan solution. Keesokannya barulah Ezu coba. Hehe.. Padahal mungkin nggak perlu ya? Infonya please.. :)



Nah, pas pertama kalii mau pasang itu rasanya horror banget! Ezu gemetetan, nafas ngga karuan, mata yang seharusnya terbuka malah pengennya merem terus. T_T padahal udah nonton di youtube untuk cara pasangnya.

Tapi apa daya.. Melihat tidak semudah mengaplikasikannya langsung. Setelah lebih dari setengah jam baru deh berhasil masuk di mata kanan. Tapi untuk mata kiri terus-menerus gagalllll.. Sampai akhirnya Ezu menyerah.. Ezu anggap ini latihan pertama.. Ezu akhirnya coba untuk melepaskan softlensnya yang sudah terpasang. Alamaaaak.. Susah nian.. Rasanya ngeri harus nyubit mata. Hix.. Jadi emostioooon.. Setelah entah makan waktu berapa lama, akhirnya Ezu berhasil melepaskan softlens dan ngos-ngosan. Takut nggak berhasil keluar. Kan ngeri banget..
Udah dilepas gitu mata Ezu terasa gatal seharian. Hixhox..

Selang 1 hari Ezu mengabaikan softlensnya. Takut.. Ezu hanya ganti cairan solutionnya saja.
Selang 2 hari Ezu mikir, sayang banget udah beli malah ngga dipakai karena takut. Akhirnya Ezu nekad lagi. Latihan masukin, pakai, dan melepas.



Butuh proses memang, dan awal-awal kaya ganjel dimata. Seiring berjalannya waktu mata Ezu mulai terbiasa. :) Ezu coba beranikan diri untuk dipakai pas kunjungan rutin ke dokter gigi. Daaaan rasanya enak, mata Ezu seperti normal kembali. Hidung ngga pegal karena kacamata, pandangan juga tidak terbatas. Seneng deh! Tapi moment pasang-lepasnya masih belum bisa, butuh perjuangan! Huhuhu..

Oh iya.., X2 bio yang Ezu pakai ini bisa untuk mata sensitif. Sudah ada block UV, dan konon pertukaran oksigen di mata lebih baik ketimbang seri X2 yang lain.

+Kelebihan penggunaan kacamata:
  1. kacamata penggunaannya praktis! Tinggal pasang, siap.
  2. kacamata mudah dibersihkan, tinggal dilap.
  3. kacamata bisa mempercantik penampilan, apalagi dengan tren kacamata lucu ala Korea.
  4. kacamata memberi kesan cerdas.
  5. pertukaran oksigen ke mata normal karena sifatnya tidak menutupi.
  6. tidak ada batasan pemakaian. Bisa dipakai setiap waktu, kapanpun, selama apapun.
-Kekurangan kacamata:
  1. bagi orang tertentu menggunakan kacamata itu tidak nyaman. Misalnya kaya Ezu, ganjel di hidung. Adapula yang merasa sakit di sekitar telinganya.
  2. pandangan mata berkurang karena area pandang hanya sebatas bingkai kacamata.
  3. untuk ladies yang sudah pakai make up mata bagus-bagus tapi harus pakai kacamata = percuma. Apalagi kalau pakai bulu mata anti topan tornado badai.
+Kelebihan pakai softlens:
  1. pandangan mata luas seperti mata normal.
  2. menjaga penampilan mata. Tidak jarang justru dijadikan sebagai fashion.
  3. bisa membuat efek mata yang lucu maupun tampak lebih besar.
  4. terasa lebih natural karena tidak ada yang mengganjal di hidung maupun telinga.
  5.  kalau ladies pakai make up mata, masih bisa terlihat seperti biasanya.
-Kekurangan pakai softlens:
  1. perawatan maupun penggunaan harus telaten.
  2. apabila tidak telaten, bisa berakibat pada kerusakan jaringan mata.
  3. masa pakainya terbatas. Tidak boleh lebih dari 8jam. Harus diperhatikan juga expire date-nya.
  4. tidak boleh kena debu.
  5. tidak boleh dipakai sampai tidur.
  6. mengurangi bahkan menghambat sirkulasi oksigen.
  7. Kalau mau pakai make up mata harus extra hati-hati.

*Untuk ladies yang pakai make up, pakai softlensnya kalau kata beberapa sumber ada baiknya dipakai sebelum make-up-an. Karena khawatir kalau sudah kena make up,  malah softlens-nya pas mau dipakai jatuh atau menyentuh partikel make up, justru bikin mata perih bahkan iritasi.

Tapi menurut panduan di box manual soflens X2 Bio ini, sebaiknya softlens digunakan setelah ber-make up. Karena khawatir kena partikel make up seperti bedak yang akan mengganggu..

Ezu pernah coba ngikutin manual yang bilang pasang softlens setelah make up, tapi softlensnya jatuh dan nyentuh kulit yang udah pake bedak. Ezu bilas pakai solution lagi. Begitu softlens mendarat dimata, rasanya periiiih.. puanasss.. Kapokkk..

Ezu lebih merasa nyaman pakai dulu softlens, baru make up. Dengan catatan pas pakai bedak (apalagi bedak tabur), tutup matanya! :D

Ezu with softlens. :)

Jadi, kamu mau pilih pakai kacamata atau softlens?
Kalau ada tulisan yang kurang tepat mohon kabari Ezu ya.. :)


3 komentar:

  1. Ntar aku coba pake deh, jadi keliatan beda banget yah :v :v

    BalasHapus
  2. ♡.♡ cobalaaaahhh.. Teman-teman Ezu yang cowok malah lebih senior pake softlens. Ezu aja berguru sama mereka Kakak Ufiiii.. >ㅁ<

    BalasHapus
  3. Haii, jangan ambil resiko dengan kesehatan mata kamu, dan jangan salah pilih menggunakan softlens, pilih dan gunakan softlens yang memiliki ijin dari Kementerian Kesehatan sehingga aman untuk digunakan.


    http://exoticon.co
    http://x2.co.id

    BalasHapus