Label

Selasa, 08 November 2016

Pasang ortho/behel murah!

Bingung, mau pasang ortho alias gigi behel/kawat dimana?
Mau ke dokter spesialis mahal..
Kalau ke dokter gigi umum apalagi tekniker gigi pinggir jalan horror, takut salah tindakan..

Tenang, saya mau berbagi sedikit pengalaman ya..

Untuk kamu yang lagi galau kaya gini, sok atuh cek ke Universitas terdekat yang punya jurusan Kedokteran Gigi. Kenapa? Karena mereka biasanya punya fasilitas klinik atau bahkan Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Contoh univ yang punya RSGM kalau di Jakarta ada UI (Universitas Indonesia), di Jogja bisa kontak ke Fakultas Giginya UGM (Universitas Gajah Mada), di Bandung ada Universitas Padjajaran (Unpad).


diambil dari: http://www.dencaresmilecenter.com/

Kebetulan saya memiliki masalah rahang dan susunan gigi yang cukup serius (nanti saya bahas di postingan lain ya). Karena sudah kesana-kemari habis uang, saya dapat rujukan ke RSGM UNPAD yang berlokasi di dekat jl Sekeloa.


Saya dirujuk ke dr E, seorang yang merupakan pimpinan Ikatan Ortodontis Indonesia Komda Jawa Barat. Saya sangat bersyukur bisa dipertemukan dengan beliau setelah pencarian sekian lama. Singkat cerita, di RSGM Unpad ini bisa pilih mau ditangani oleh dokter spesialis, atau dokter residen.


Dokter residen adalah mahasiswa yang sedang mengambil spesialis tapi tentunya sudah lulus sebagai dokter gigi umum. Namun tenang saja, setiap tindakan yang dilaksanakan oleh dokter residen tetap dibawah pengawasan profesor/dosennya kok. Jadi tak perlu khawatir ya.. Biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 3juta saja. Namun biasanya ada masa tunggu, alias antre..


Nah kalau dokter spesialis, jelas sudah lulus kuliah spesialisnya dong.. Dan dokter spesialis yang praktek disini tidak sembarangan, mereka adalah dosen/profesor, bahkan yang sudah dapat gelar master maupun doktor. Keren kan? Kalau mau sama mereka harus datang pas hari kerja ya guys.. Biaya yang perlu disiapkan adalah kisaran Rp 6juta saja. Uniknya, pembayaran bisa dicicil selama masa sebelum pasang behelnya. Maksudnya, kan sebelum pasang ada beberapa tahap seperti konsultasi, cetak gigi, dll. Nah selama proses itu kita bisa sekalian angsur bertahap. Yang penting pas hari H mau dipasang statusnya sudah lunas. Kalau sudah lunas gitu, tinggal angsuran tiap kontrol aja seharga Rp 100,000 saja. Murahhhh!!


Kenapa saya berani bilang murah? Karena kalau pasang di klinik pribadi/swasta oleh dr Ortho itu paling tidak ya ada Rp 10jt-an, bahkan bisa lebih. Biaya kontrolnya aja bisa sekali kontrol Rp 300,000. Perbandingan yang cukup besar bukan? Pastinya lebih hemat dan terpertjaja..


Selain ortho, RSGM fakultas gigi ini juga ada UGDnya loh. Bisa perawatan gigi lain juga, semisal ke drg spesialis Bedah Mulut, Konservasi Gigi, Prostodonti, dll. Harganya relatif lebih murah dibandingkan klinik umum/pribadi/swasta ya..

Kontak dan alamat


RSGM UNPAD
Jl. Kubang Sel., Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Patokannya pertigaan dekat ITHB, belok.
Tanya sama mamang ojeg aja pasti tahu.
(022) 2533044
Drg umum buka Senin-Minggu 24jam
map

RSGM Soedomo (UGM)
Jl. Denta No. 1, Sekip Utara, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
(0274) 555312
Drg umum buka Senin-Minggu 24jam

RSGM UI
Jl. Salemba Raya No. 4, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430
(021) 31930270


tambahan

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Jalan Bintaro Permai Raya No. 3, Bintaro, Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
(021) 73885254

RSGM Fkg Univ. Erlangga (UNAIR)
Jl. Prof Dr Moestopo 47, Surabaya 60132
(031)5053196 / (031) 5030255

RSGM Universitas Trisakti
Jl. Kyai Tapa 260, Grogol 11440
(021) 5672731

RSGM FKG Universitas Jember
Jl. Mastrip, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur
(0331) 333536 (Fakultas)

41 komentar:

  1. Kak kalau pasang behel di residen 3jt itu udah atas bawah atau hanya salah satu saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Cinthia, sekarang ada kenaikan tarif jasa disana. Residen sekarang kalau gak salah kisaran 3-5juta. Yang dr spesialisnya 8jt-an. Harga bervariasi tergantung kasus pasiennya. Untuk yang residen dulu 3jt itu ya atas bawah. Sepaham saya gak efektif deh kalau cuma pasang salahsatu bagian saja.

      Hapus
    2. Masa tunggunya berapa lama?

      Hapus
    3. Masa tunggunya sekitar 6 bulan, jadi awal kita daftar dulu, didiagnosa dan dikasih surat persetujuan. Nanti kalau udah dapat giliran, pihak RSGM akan memberi kabar via telepon.

      Hapus
  2. Serius ini teh hari Minggu juga buka ??

    BalasHapus
  3. Aku kira bisa pasang dulu terus cicil beberapa bulan gitu hehe,jadi harus lunas dulu ya baru bisa pasang? aku mau pake behel juga ka tapi bingung cari dokter, mending d rsgm gitu atau d klinik gitu ya? Mohon infonya, terimakasih😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya RSGM dan klinik pribadi punya kelebihan dan kekurangannya masing2 Putri. Sepaham saya di RSGM memang lebih murah, tapi opsi perawatan maupun jenis alat yang dipakai pilihannya sangat terbatas. Sedangkan di klinik pribadi bisa lebih bervariasi disesuaikan juga dengan budget pasien. Kelebihan lain di klinik pribadi, bisa janjian dengan dokternya lebih flexible disesuaikan dengan jadwal masing2. Kalau di RSGM ya hanya hari dan jam itu saja. Soal pembayaran juga, kalau di RSGM ya dicicilnya sebelum pemasangan. Kalau di klinik pribadi bisa dinego lagi tergantung kebijakan dokter ybs.

      Hapus
  4. mau tanya dong. kalau untuk jasa pasangnya aja boleh nggak ya? jadi pasien yg sudah punya bracket tp tinggal pasang aja gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa dong.. Jenis bracket dan kawat harus dokter yang menentukan sesuai kasus.

      Hapus
  5. Kalau sudah pasang behel, tp mau kontrol di rsgm apa bisa? karena ortho yg awal udah pindah praktek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya minta surat pengantar dari dokter ortho sebelumnya, disertai dengan data perawatan serta planing sebelumnya. Dan kalaupun disetujui, maka biaya di RSGM adalah biaya pemasangan awal lagi. Coba aja datang ke RSGM dan dikonsultasikan langsung.

      Hapus
  6. kalau mau konsultasi untuk pasang behel. berapa biayanya ya? harga konsulnya saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau ya, dulu di kisaran 100, sekarang bisa jadi lebih karena sepaham saya ada kenaikan

      Hapus
  7. kl utk dtg prtama x ksana dr pagi2 ya?konsul aja dl y??ngantri ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, biasanya jam 8-10 pagi. antre, jadi mending datang lebih awal.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Mba ezca makasih yah informasinya, nge bantu banget 😊
    Tp saya masih ada pertanyaan hehe, mba tolong donk deskripsikan sesampainya di RSGM saya itu pertama2 hrs kmn dulu kalau mau pasang kawat gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear Hani, kalau dulu sih ambil antre ke bagian gigi umum dulu. Tapi sepertinya sekarang kalau mau ke spesialis bisa langsung ambil antre di counter khusus spesialis. Untuk lokasi bisa tanya satpam yang jaga/ yang jaga counter di depan. Kalau sudah ambil nomer antre, nanti dipanggil. Kalau beruntung ya langsung diproses. Siapkan uang Rp5rb untuk biaya pendaftaran. Isi formulir, lalu tunggu lagi nanti dipanggil lagi menuju ruang perawatan. Untuk lebih jelasnya bisa langsung ke lokasi saja, khawatirnya saya salah kasih informasi. Tapi yang pasti meningan datangnya pagi sekalian, suka penuh (kalau harus ke bagian umum dulu).. :D

      Hapus
    2. Kalau untuk pemasangan di Dokter residen juga sama seperti itu urutannya? Atau beda lagi

      Hapus
    3. Duh maaf telat banget jawabnya. Kurang lebih untuk awal daftar sama saja.

      Hapus
  12. ka, behelnya kita bisa milih metalic atau titanium ga sih? kaya misalnya "dok aku maunnya titanium" atau terserah mereka pemilihannya? makasi ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kurang tahu kalau itu. Sepaham saya yang jelas kawat/braces yang digunakan itu yang sifatnya anti alergi. Jenis braces juga macam2, tergantung harga juga. Ada yang biasa, ada yang damon, ada yang ceramic.. Dikonsultasikan saja langsung.

      Hapus
  13. Ka mau tanya prosesnya dari mulai pendaftaran awal sampai pemasangannya itu berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya daftar awal sampai pemasangan kalau ndak salah sekitar 1 bulan. Kontrol pertama disuruh rontgen, ke2 dicek hasil rontgen & plannning pengerjaan +foto, ke3 biasanya disuruh bersihin karang gigi dan cek siapa tahu ada yang lubang (ke dokter gigi umum aja), ke 4 pasang bracket. per 1 pekan.

      Hapus
  14. Ka mau tanya prosesnya dari mulai pendaftaran awal sampai pemasangannya itu berapa lama ya?

    BalasHapus
  15. Kak dari mulai pendaftaran awal dateng ampe pasng behel itu bisa seminggu g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya daftar awal sampai pemasangan kalau ndak salah sekitar 1 bulan. Kontrol pertama disuruh rontgen, ke2 dicek hasil rontgen & plannning pengerjaan +foto, ke3 biasanya disuruh bersihin karang gigi dan cek siapa tahu ada yang lubang (ke dokter gigi umum aja), ke 4 pasang bracket. per 1 pekan.

      Hapus
  16. Total biaya semuanya kira2 berapa y kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau total biaya bisa beragam, tergantung seberapa lama & seberapa sering serta mempertimbangkan biaya lain, misal bracketnya copot jadi harus pasang yang baru..

      Hapus
  17. Ka... Mau tanya untuk kontrol di hari Sabtu bisa ga yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau spesialis kurang paham ya.. Biasanya Senin-Jumat aja. Kecuali gigi umum.

      Hapus
  18. Ka ezca boleh minta kontaknya gak? Soalnya saya ada rencana mau kontrol ke rsgm unpad juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Elma, bisa via email ke zca_ne@yahoo.co.id
      Realtime ke HP kok itu.

      Hapus
  19. Hay say....kalau rsgm UI hari Sabtu buka ga yah? Ada no telp yg bisa dihubungi ga? Terima kasih

    BalasHapus
  20. Ka kaka di rsgm unpad ya pasangnya?itu WL ga ka?kalo iya brp bulan?

    BalasHapus