Label

Minggu, 17 Desember 2017

Melangkah penuh Makna, Astra menjadi inspirasi


Seperti kita ketahui, setelah lahir manusia hidup dari mulai merangkak, berdiri tegap, berjalan, baru berlari kencang. Sama halnya dengan sebuah perusahaan. Pada saat awal perusahaan dirintis sampai akhirnya terbentuk tentu melewati banyak proses rumit. Banyak sekali tantangan dan rintangan yang harus dilalui sebuah perusahaan untuk tetap berdiri kokoh bahkan berkembang.
Astra adalah salahsatu contoh perusahaan yang bergerak di berbagai bidang dan berhasil untuk senantiasa berkembang. Tidak hanya mengembangkan korporasinya sendiri, namun juga berkontribusi dalam meningkatkan kualitas masyarakat umum. Banyak sekali program-program yang mendukung perkembangan masyarakat. Baik dari sektor pendidikan untuk anak-anak, sampai dengan dukungan terhadap para wirausahawan muda dan profesional.
Sejak awal didirikan pada tahun 1957, Astra telah berkembang dengan menghadapi berbagai permasalahan dan merangkak terus maju menunjukan eksistensi diri. Tidak hanya bergerak di bidang otomotif, namun berkembang ke berbagai sektor. 
Bisnis yang berkembang dan semakin kokoh ini tidak membuat astra meninggalkan sisi sosialnya. Sepertinya pihak astra memahami betul bahwa suatu kesuksesan tidak dapat diraih hanya dengan sendirian, namun dengan berbagai dukungan dan kerjasama, membangun citra dan relasi. Maka dari itu dari tahun ke tahun berbagai program dijalankan. Dari segi edukasi, sosial, maupun bisnis.
Melihat pola kembang sebuah perusahaan sepertinya tidak jauh berbeda dengan pola kembang manusia. Semua berawal dari ketiadaan menjadi ada. Belajar terus agar bisa berkembang. Bangkit kembali di setiap permasalahan datang. Bermain puzzle memecahkan teka-teki kehidupan. Merancang agar lebih mapan.
Berawal dari sebuah kelahiran, manusia memang tumbuh raga dan usianya. Namun hal ini jika tidak dibarengi dengan pembelajaran, memperluas wawasan, maka manusia itu akan menjadi sosok rapuh yang hidupnya bisa jadi tidak berimbang.
Berbeda dengan anak manusia yang selalu belajar. Anak yang giat untuk memperbaiki kesalahannya. Maka karakternya akan menjadi semakin kuat dan cenderung berimbang. Seseorang yang seperti itu dikala ada masalah dan ujian melanda, maka jiwanya akan selalu positif. Cerdik dalam menyusun strategi agar bisa menyelesaikan masalah itu. Dan bukankah sebaiknya kita menjadi orang yang demikian?
Masalah akan selalu datang, karena kita hidup selalu diuji. Mau lulus ujian tersebut atau tidaknya, kembali pada diri masing-masing. Namun sebaiknya kita selalu menyikapi setiap permasalahan yang ada dengan kepala dingin serta positif. Tidak hanya saya, dia, atau anda seorang yang memiliki masalah. Setiap orang tentu punya, namun beda cara menyikapi. Inilah yang biasanya membedakan kualitas hidup individu.
Mungkin ada saja yang hartanya berlimpah, tapi hatinya tidak tenang, selalu merasa kurang. Adapula yang dari segi ekonomi pas-pasan bahkan cenderung kurang namun hatinya lapang berbahagia. Orang-orang seperti inilah orang-orang yang penuh syukur, menikmati apa yang ia terima, bahkan berbagi dengan sesama. Konon apabila seseorang bersyukur atas setiap nikmat yang Tuhan beri, maka Dia akan menambahkannya kenikmatan yang lebih.

Sepertinya apa yang Astra lakukan patut ditiru. Inspirasi 60 tahun Astra yang walaupun sudah berkembang besar, namun kontribusinya bagi masyarakat tidak boleh disepelekan. Jadilah manusia yang juga berkembang tidak hanya dari segi ekonomi, namun juga sosial, tak hanya harta namun kaya juga kaya jiwanya dan mampu menginspirasi insan lain dengan segala kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar